Rapat Konsultasi Dalam Rangka Evaluasi Gubernur Terhadap Raperda RTRW Kab. Toli toli

03 April 2023 

Image

PALU - Pelaksanaan Rapat Konsultasi Dalam Rangka Evaluasi Gubernur Sulteng terhadap Raperda RTRW Kab. Tolitoli Tahun 2023-2042 yang dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Ditjen Bina Administrasi Wilayah, Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Pemprov Sulawesi Tengah serta Pemkab Tolitoli Pada Selasa 28 Maret 2023.

Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Dr. Moh. Yasin Baculu, S.Sos., M.Si yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah didampingi Tim Teknis Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah saat mengikuti rapat dari ruang Telecomference Setda Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan pelaksanaan Rapat konsultasi tersebut dilaksanakan untuk mengonfirmasi beberapa hal terkait dengan hasil evaluasi terhadap RTRW Kabupaten Tolitoli.
 
Adapun beberapa hal yang perlu dilaksanakan oleh Pemkab Tolitoli berdasarkan hasil evaluasi pada rapat konsultansi diantaranya yaitu Penetapan Raperda agar memperhatikan jangka waktu penetapan perda sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, Perlu ada konsistensi muatan pengaturan yang tertuang dalam Raperda harus sama dan tertuang dalam materi teknis (dokumen rencana), dan lampiran (peta dan indikasi program utama, serta perlu konsistensi rujukan dan/atau acuan pasal yang digunakan dalam Raperda, dan Legal Drafting Raperda disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.
 
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Kepala Bidang Penataan Ruang memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam penyusunan Reperda RTRW yang saat ini telah memasuki tahap akhir.


Komentar