Rapat Koordinasi Forum Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah

Pertemuan 01 September 2023 

Image

Palu - Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Penataan Ruang (FPR) Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Hotel Best Western Plus Coco Palu, Pada Kamis (31/08/2023). Rapat ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah  Ibu Dra. Novalina, MM yang juga selaku Ketua FPR Provinsi Sulawesi Tengah  serta dihadiri Anggota FPR Provinsi Sulawesi Tengah dan Tim Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Sulawesi Tengah Ibu Dra. Novalina, MM menyampaikan Dalam pelaksanaan penataan ruang tak hanya soal perencanaan, namun bagaimana pengendalian pemanfaatan ruang dapat diwujudkan. Hal ini demi mewujudkan tata ruang yang tertib sehingga pemanfaatan ruang dilakukan sesuai dengan Rencana Tata Ruang (RTR) yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, denganTerbitnya  Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang baik aspek Perencanaan Tata Ruang, Pemanfaatan Ruang dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang. Salah satu terobosan tersebut ialah penguatan pada aspek kelembagaan Penataan Ruang. Pelaksanaan kelembagaan Penataan Ruang saat ini lebih fokus pada perencanaan kolaboratif melalui peningkatan pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan penataan ruang secara partisipatif.

Diakhir sambutannya beliau berharap agar pelaksanaan Rakor ini dapat dijadikan sebuah momentum untuk meningkatkan penyelenggaran penataan ruang di wilayah provinsi Sulawesi Tengah serta mewujudkan tertib pemanfaatan ruang agar terwujud ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.



Komentar